Tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan di Indonesia

Tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan di IndonesiaHampir semua orang juga tahu bahwa ada badan yang mengatur persebaran obat maupun makanan di Indonesia. BPOM menjadi badan yang mengatur beberapa hal tersebut, BPOM mempunyai beberapa tugas yang harus dijalaninya untuk bisa mengatur persebaran obat maupun makanan di Indonesia. Pada dasarnya tugas dari BPOM ini adalah untuk melindungi semua masyarakat yang ada di Indonesia dari beberapa produk baru yang mulai beredar di masyarakat. Tentu saja hal ini bertujuan untuk bisa membuat keadaan dari para masyarakat menjadi lebih terjaga kesehatannya dan terhindar dari beberapa hal yang bisa merugikan nantinya. Tugas lainnya adalh untuk melakukan beberapa hal untuk bisa memilih obat dan makanan yang masuk. Dengan begitu beberapa produk yang mencoba masuk bisa di saring dengan lebih baik dan bisa menyediakan produk yang memang aman untuk dipakai oleh para penggunanya.

Sebuah produk makanan maupun produk obat yang masuk tidaklah mudah untuk bisa melewati BPOM ini. Ada beberapa hal yang harus dilewati terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan ijin beredar. Untuk bisa mendapatkan ijin beredar di pasaran tentu saja produk tersebut haruslah aman, jika produk yang ditawarkan mempunyai banyak bahan yang berbahaya maka akan dipastikan produk tersebut tidak mendapat ijin edar dari BPOM. Ada banyak sekali rangkaian hal yang harus dilewati untuk bisa benar – benar mendapatkan ijin edar, hal itulah yang membuat ada banyak barang – barang yang tidak melewati BPOM yang terkadang dijual bebas di pasaran. Hal ini yang membuat banyak barang dengan nomor BPOM palsu, tentu saja nomor tersebut dipalsukan karena aslinya tidak melewati ijin BPOM. Sebagai para konsumen yang baik alangkah baiknya jika anda lebih memilih dalam membeli beberapa barang yang dijual bebas di pasaran. Jika menggunakan beberapa barang – barang yang mengandung bahan yang berbahaya tentu saja akan menimbulkan kerugian yang besar bagi penggunanya.

Ketika anda ingin menggunakan beberapa produk yang berbedar dan sudah mempunyai nomor BPOM maka anda bisa mengecek keaslian dari nomor yang sudah disertakan tersebut. Sebagai para konsumen anda bisa mengecek keaslian dari nomor BPOM tersebut. Caranya cukup mudah anda hanya perlu masuk ke dalam situs resminya BPOM, masukan kategori barang yang dibeli di dalam situs tersebut. Setelah itu anda bisa dengan mudah mengecek apakah nomor tersebut asli atau palsu. Jika nomor memang terdaftar dan datanya benar maka anda bisa memastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan, namun jika nomor yang anda masukan tidak terdaftar maupun datanya salah maka anda patut curiga bahwa nomor tersebut palsu. Itulah beberapa hal mengenai tugas dari badan pengawas tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *